Cegah Penyebaran Covid-19, BKPSDM Buka Layanan Online

BKPSDM Karawang – Untuk meminimalisasi penyebaran Covid-19 salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menghindari kontak fisik. Karena virus penyebab penyakit corona dapat dengan mudah menular dari satu orang ke orang lain tanpa disadari. Dengan kontak fisik, bersalaman atau menyentuh barang-barang yang sudah terinfeksi virus dapat menyebabkan penularan kepada banyak orang.

Kebijakan Social Distancing yang diambil oleh Pemerintah hendaknya ditaati oleh setiap orang, karena kita tidak tahu kapan dari siapa karena menyentuh apa sehingga dapat tertular Covid-19. Sehingga dipandang perlu untuk meminimalisir kegiatan yang sifatnya kontak fisik secara langsung dalam mendukung gerakan Social Ditancing.

Menindaklanjuti Surat Edaran MENPAN Nomor 19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah dan Surat Edaran Bupati Karawang Nomor 440/1604/Dinkes tanggal 14 Maret 2020 tentang Tindaklanjut Pencegahan Penyebaran CORONA VIRUS DISEASE 2019 (COVID-19) di Kabupaten Karawang, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Karawang memaksimalkan pelayanan yang sifatnya online melalui aplikasi SIMPEG.

Selama masa tanggap darurat Covid-19, untuk mengurus beberapa layanan kepegawaian ASN atau pengelola kepegawaian tidak perlu datang langsung ke kantor BKPSDM. Cukup dengan mengakses alamat silk.bkpsdm.karawangkab.go.id layanan kepegawaian dapat dengan mudah dan aman dilakukan.

Disarankan semua user / ASN yang akan menggunakan SIMPEG terlebih dahulu melakukan reset password dengan mengklik Lupa Username/Pasword lalu masukan username dan alamat email yang valid dan dapat dibuka, karena link untuk ganti password akan dikirim melalui email. Selanjutnya buka email buka link yang ada di email lalu masukan password baru.

Jenis-jenis layanan kepegawaian yang dapat dilakukan secara online diantaranya :

  1. E-Kinerja (PARE);
  2. Cuti;
  3. Pensiun BUP/APS/Uzur;
  4. Kenaikan Gaji Berkala;
  5. Izin Perceraian/Izin Pernikahan;
  6. Perpindahan Pegawai;
  7. Jabatan Fungsional;
  8. Diklat dan Pengembangan Kompetensi;
  9. Ujian Dinas dan Ujin Penyesuaian Ijazah;
  10. Hukuman Disiplin;
  11. Peningkatan Pendidikan;
  12. Karis, Karsu dan Karpeg;
  13. Surat Menyurat (yang ditujukan ke BKPSDM untuk sementara tidka perlu dikirim secara fisik), dan
  14. Usul Plt dan Plh.

Adapun tata cara menggunakan menu layanan pada aplikasi SIMPEG adalah:

  1. Login ke aplikasi SIMPEG menggunakan username dan password admin SKPD;
  2. Pilih menu layanan pada dashboard sebelah kiri;
  3. Klik pada Layanan (Upload Berkas dan konsultasi);
  4. Pilih jenis layanan;
  5. Klik Buat Pesan (File lampiran harus di upload);
  6. Lalu klik Save Changes.

Apabila ada kesulitan atau kendala dapat menghubungi kontak person masing-masing pengelola layanan, video tutorial masing-masing layanan tersebut dapat diakses di WA Group Kepegawaian. Solusi ini dapat mempermudah layanan kepegawaian dan menjadi solusi untuk tetap dapat bekerja meskipun dalam pemberlakuan Social Distancing. Semoga kita semua mendapatkan kemudahan dan pertolongan Allah SWT, agar bisa keluar dari pandemi Covid-19 khususnya untuk seluruh negeri tercinta ini. (Admin)

Komantari dengan Facebook