Tingkatkan Pelayanan Publik, Bupati Karawang Canangkan Zona Integritas WBK/WBBM

Karawang – Zona Integritas Zona Integritas (ZI) merupakan sebutan atau predikat yang diberikan kepada Kemeterian/Lembaga maupun Pemda yang pimpinan dan jajarannya mempunyai niat (komitmen) untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) melalui upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Pemerintah Kabupaten Karawang dalam rintisan pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM telah menyiapkan 6 (enam) Perangkat Daerah sebagai rintisan (Pilot Project) yaitu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcatpil), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), RSUD Kelas B Non Pendidikan Kabupaten Karawang, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Kecamatan Karawang Barat serta Kecamatan Tirtajaya, yang pencanangannya ditandatangani langsung oleh masing-masing kepala Perangkat Daerah tersebut disaksikan oleh Bupati Karawang, Penjabat Sekretaris Daerah dan Inspektur pada hari ini Kamis (13/6) di halaman Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karawang.

“Perangkat Daerah dimaksud akan melalui proses penilaian dan evaluasi, meliputi aspek Manajemen Perubahan, Penataan Ketatalaksanaan, Penataan SDM, Penguatan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik, sehingga dapat ditetapkan sebagai zona Integritas menuju WBK/WBBM oleh KEMENPANRB, dan di tahun mendatang mudah-mudahan dapat di replikasi di semua Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang”, Kata Cellica dalam sambutannya.

“Kepada seluruh aparatur khususnya di 6 (enam) Perangkat Daerah rintisan zona integritas dan umumnya seluruh aparatur Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang, mulai Pimpinan Perangkat Daerah sampai dengan aparatur Pelaksana bahkan juru parkir agar secara bersama-sama membangun integritas individu dan integritas organisasi di lingkungan kerja masing-masing. Semua pihak mulai dari pimpinan sampai bawahan harus punya komitmen yang kuat, mempunyai mindset dan cultureset (pola pikir dan budaya kerja) yang sama sehingga keberhasilan membangun zona integritas ini dapat dicapai”, pesan Bupati.

“Peningkatan pelayanan publik dimaksud sudah menjadi keharusan karena saat ini masyarakata bebas mengemukan pendapat di media sosial seperti facebook, Instagram maupun twitter, karena itu kita harus responsif melayani dengan cepat. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil agar segera menyelesaikan Surat Keterangan (Suket) pengganti KTP, tahun 2020 mendatang gedung Disdukcatpil ini kita perbaiki supaya pelayanan lebih refresentatif, untuk DPTPMPST saat ini semua perijinan sudah berbasis online menggunakan aplikasi, Saya telah me-lounching aplikasi Siteteh pada saat peringatan hari jadi Karawang sehingga harapannya untuk pengajuan perijinan secara online ini memberikan kemudahan. BKPSDM Kabupaten Karawang untuk kenaikan jabatan apapun tidak ada lagi Wanipiro, semua harus bersih nol rupiah, promosi mutasi jabatan berdasarkan kinerja dedikasi dan integritas. Untuk pelayanan di RSUD, opini masyarakat terhadap RSUD harus segera ditindaklanjuti misalnya ruang yang penuh dan adanya informasi tenteng ketersedian ruangan rawat inap penuh atau kosong karena animo masyarakat senang dirawat di RSUD apalagi dengan adanya program BPJS Kesehatan. Bahkan sampai penyakit tropis pun masyarakat inginya dirawat di RSUD padahal saat ini sudah didirikan 55 poned untuk rawat ini penangan penyakit tropis di puskesmas sehingga tidka perlu dirawat di RSUD. Untuk dua Kecamatanyang menjadi rintisan sudah cukup repreaentatif ini sebagai pilot project di 2020 harus semua Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang diberlakukan sama agar menjadi zona integritas yang bisa dilihat oleh publik berbanding dengan kesejahteraan TPP yang diberikan maka tingkatkan pelayanan publik serta sebagai aparatur lebih berhati-hati dalam tindak tanduk dan perbuatan kita, yang terpenting diatas semua penialian itu adalah penialian Allah swt sehingga apapun yang kita lakukan diketahui oleh Allah SWT.”, amanat Bupati dalam sambutannya. (Admin)

Komantari dengan Facebook