51 PNS Kabupaten Karawang ikuti UDIN/UPKP berbasis CAT

Karawang – Pemeirntah Kabupaten Karawang melaksanakan Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat (UPKP) bekerjasama dengan UPT Pengembangan Manusia dan Organisasi (PMO) Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tanggal 22 s.d. 23 April 2019.

Sebanyak 51 (lima puluh satu) orang peserta mengikuti UPKP periode  Oktober tahun 2019, terdiri dari Ujian Dinas Tingkat I  10 orang, Ujian Dinas Tingkat II 4 orang, UPKP Paket C (setara SMA) 5 orang, UPKP Sarjana (S1) 31 orang dan UPKP Pascasarjana (S2) 1 orang.

Ujian dinas adalah suatu rangkaian kegiatan yang diperuntukan bagi Pegawai Negeri Sipil yang berpangkat Pengatur Tingkat I golongan ruang II/d dan Penata Tingkat I golongan ruang III/d untuk dapat dinaikkan pangkatnya, disamping memenuhi persyaratan lain yang telah ditetapkan bagi Pegawai Negeri Sipil yang memiliki dan memperoleh ijazah sesuai dengan ketentuan yang berlaku, juga dapat diberikan kenaikan pangkat pilihan sesuai dengan jenjang pendidikan ijazahnya dan ketentuan harus mengikuti dan lulus ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijazah.

Ujian ini dilaksanakan sebelum Pegawai Negeri Sipil yang bersangkutan dipertimbangkan kenaikan pangkatnya ke dalam golongan yang lebih tinggi, dengan ketentuan apabila Pegawai Negeri Sipil tersebut tidak lulus dalam ujian tersebut, maka kepada yang bersangkutan dapat mengikuti kembali ujian pada tingkat yang sama yang akan dilaksanakan pada kesempatan lain.

Kegiatan UPKP terdiri dari beberapa tahapan yaitu Ujian Wawancara, Pembekalan/Bimtek dan Ujian (Ujian Berbasis Komputer/CAT). Ujian Wawancara diikuti oleh empat orang peserta Ujian Dinas Tingkat II yang dilaksanakan pada 16 April 2019 oleh Drs. H. Abdilah Mawardi Nur, M.Si selaku Assesor Kompetensi.

Selanjutnya pada hari Senin (22/4) seluruh peserta mengikuti Pembekalan/Bimtek di UPT PMO ITB Bandung. Pada kegiatan Pembekalan/Bimtek ini peserta mengikuti Pre Test dan Post Test serta pembekalan materi tentang Pelayanan Prima untuk Pelayanan Publik (Service Excelence) dan Dasar Hukum Materi dan Pengeolaan hasil Ujian termasuk teknis pelaksaan ujian Berbasis Komputer/CAT dengan narasumber dari UPT PMO ITB.

“UDIN dan UPKP ini merupakan wujud dari merit sistem, karena peningkatan kualifikasi seperti golongan dan pendidikan harus linier dengan peningkatan kompetensi sehingga dapat meningkatkan kinerja pegawai, oleh karena itu kompetensi yang bersangkutan harus dibuktikan dengan ujian ini”, kata Jajang Jaenudin, SSTP., MM Kepala Bidang Pengembangan Pegawai ASN BKPSDM Karawang dalam sambutannya.

Hari ini Selasa (23/4) peserta mengikuti ujian Berbasis Komputer/CAT yang terbagi menjadi dua sesi dan tiap sesinya diberikan waktu 90 menit untuk menyelesaikan soal pertanyaan sebanyak 70 soal dengan materi UPKP terdiri dari Keterampilan Personal (KP), Keterampilan Berpikir (KB), Keterampilan Sosial (KS), Keterampilan Akademik (KA), Keterampilan Vocasional (KV) dan Bahasa Inggris.

Berita terkait Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat (UPKP), BKPSDM Kabupaten Karawang bekerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB)

Sebagaimana dijelaskan pada pemberitaan sebelumnya Kepala BKPSDM Kabupaten Karawang Asep Aang Rahmatullah, SSTPP, MP mengatakan dalam pelaksanaan ujian ini, semua telah difasilitasi oleh BKPSDM Kabupaten Karawang,  tidak dipungut biaya apapun dari peserta ujian. Dalam arahan yang disampikan pada pembekalan  kepada peserta ujian  aula Bappeda Senin (15/04) beliau juga berpesan agar peserta bersungguh-sungguh dalam menjalani ujian dinas dan diharapkan bisa lulus 100% dengan nilai yang memuaskan, karena yang dapat menentukan kelulusannya adalah bapak dan ibu peserta ujian dinas sendiri. (Admin)

Komantari dengan Facebook