Apel Pancasila PNS Antusias

Karawang – Tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai hari Lahir Pancasila, meskipun hari libur Pegawai Negeri Sipil (PNS) wajib mengikuti apel, jika tidak maka bakal mendapat sanksi. Tahun ini 1 Juni jatuh pada hari Sabtu dan dekat dengan arus mudik Lebaran, tentu bagi PNS peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini jadi buah simala kama.

Pelaksanaan apel hari lahir Pancasila di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang dilaksanakan di Plaza Pemda Karawang diikuti antusias oleh PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang bahkan sampai tidak tertampung karena diikuti pula oleh PNS instansi lain di luar Pemerintah Kabupaten Karawang meskipun bertepatan dengan hari libur idul fitri 1440 H.

Bupati Karawang dr. CELLICA NURRACHADIANA selaku inspektur upacara dalam sambutannya menyampaikan bahwa Peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni bukan sesuai yang terpisah dari momentum perumusan “Piagam Jakarata”oleh “panitia kecil” tanggal 22 Juni dan pengsahan Pancasila dalam pembukaan UUD 1945 oleh panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945. Jadi 3 peristiwa penting tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahka. Dengan demikian, kita harapkan perdebatan tentang kelahiran Pancasila suadh tidak diperlukan lagi. Yang diperlukan mulai saat ini adalah bagaimana kita semua mengamalkan Pancasila secara simultan dan terus menerus.

“Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar Negara, Ideologi NEgara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa utuk merealisasikan tatanah kehidupan masyarkat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita INdonesia, kita pancasila”, pungkas Bupati. (Admin)

Komantari dengan Facebook