ASN PEDULI ASN BERBAGI

Karawang – Mendengar kata ‘menyantuni’ maka seketika mindset kita langsung tertuju salah satunya kepada anak yatim. Memang tak bisa dipungkiri, karena dalam islam menyantuni anak yatim merupakan salah satu prioritas dalam menginfaqkan harta seorang muslim selain kaum dhuafa. Terdapat banyak ayat di dalam alquran maupun hadits mengenai perintah untuk menyantuni anak yatim mulai dari keutamaannya, rahasianya, hingga ancaman pun ada jika sekali-kali kita tidak memuliakan mereka.

Ada banyak ulasan mengenai keutamaan menyantuni anak yatim di berbagai literatur . Di salah satu sumber menyatakan bahwa diantara keutamaan menyantuni anak yatim adalah akan bersama Rasulullah SAW di surga kelak. Hal ini berarti bahwa anak yatim piatu merupakan jalan mudah untuk umat islam menuju surga yang ditempati Rasulullah SAW. Dalam satu riwayat hadits disebutkan bahwa kedekatan kita dengan Rasulullah SAW di surga ibarat jari telunjuk dan jari tengah yang tak terpisahkan yang mengisyaratkan bahwa jarak ini sangatlah dekat. Di sumber lain juga dijelaskan, anak yatim merupakan salah satu sumber pahala yang sangat besar. Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa setiap helai rambut anak yatim yang kita usap akan berbuah satu kebaikan.

Sementara jika ditinjau dari aspek psikologis, menyantuni anak yatim dapat menumbuhkan sifat peduli antar sesama. Sifat peduli ini muncul ketika kita merasa bahwa kita lebih beruntung dari orang lain. Seseorang yang terlihat lebih beruntung ketimbang anak yatim akan selalu merendahkan hati  jika menyantuni mereka. Karena rasa bahagia yang selama ini ia rasakan belum tentu dirasakan oleh anak yatim.

Kepedulian di atas kembali diwujudkan oleh para Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemkab Karawang.  Sebagaimana pada bulan –bulan ramadhan sebelumnya, di bulan penuh berkah tahun ini pun kembali dilaksanakan penggalangan dana santunan anak yatim dari ASN Pemkab Karawang yang telah diserahkan oleh Bupati Karawang pada acara Peringatan Nuzulul Qur’an yang dirangkaikan dengan pemberian santuan 1200 anak yatim, Sabtu 25 Mei 2019 bertempat di Plaza Pemkab Karawang.

Selama kurang lebih 1 minggu waktu penggalangan santunan anak yatim dari ASN Karawang  terkumpul dana sebesar Rp. 383.400.000,- (Tiga Ratus Delapan Puluh Tiga Juta Empat Ratus Ribu Rupiah )  yang diberikan kepada 1200 anak yatim, para pendamping serta untuk keperluan  transportasi anak yatim menuju Plaza Pemkab Karawang.

Anak yatim begitu dimuliakan dalam Islam. Bukan hanya Rasul, bahkan Allah pun begitu memuliakannya. Beberapa ayat-ayat-Nya dalam Al-qur’an, memerintahkan kita untuk menyantuni dan menyayangi anak-anak yatim. bahkan dalam salah satu ayat-Nya, termasuk orang-orang yang mendustakan agama itu adalah orang yang menghardik anak yatim (Al Ma’un: 2)”, ujar Kepala BKPSDM dalam acara tersebut, “Santunan ini merupakan bentuk kesolehan, komitmen dan kepedulian sosial ASN Karawang khususnya di bulan suci Ramadhan yang penuh berkah dan rahmat lanjut Kepala BKPSDM

Sementara itu, dalam sambutannya, The Celli mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh ASN Karawang , santunan ini sungguh sangat berarti bagi para anak yatim yang dalam berbagai sisi mungkin tidak seberuntung para putra/i ASN Karawang , melalui kepedulian ASN karawang diharapkan akan memotivasi  para anak yatim untuk hidup mandiri. Mereka harus bisa tegar, semangat, pantang putus asa. Tak perlu jauh-jauh harus meneladani siapa. Rasulullah SAW cukup dijadikan teladan untuk anak-anak yatim. Bahkan bukan anak-anak yatim saja, Kita semua wajib meneladani Rasulullah. Rasulullah lahir dalam keadaan yatim, tapi kemudian tidak menjadikan Beliau menjadi manusia yang lemah. Justru Beliau adalah manusia yang paling mulia

“saya mengajak seluruh elemen masyarakat Karawang untuk meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT, berlomba-lomba dalam kebajikan berbuat sesuatu yang manfaat dan maslahat bagi umat, sehingga pad gilirannya nanti mampu berkontribusi mewujudkan Karawang yang BALDATUN THAYYIBATUN WA RABBUN GHAFUR “  pungkas Bupati Karawang mengakhiri sambutannya. (Admin)

Komantari dengan Facebook