Bupati Karawang Lantik Sekda Baru

Karawang – Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana resmi melantik Drs. Acep Jamhuri, M.Si sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karawang yang sebelumnya menduduki jabatan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang  Kabupaten Karawang. Pelantikan digelar di Plaza Pemda Karawang pada Jumat (5/7).

Acep Jamhuri yang akrab disapa Ajam terpilih dalam serangkaian tahapan seleksi terbuka yang diikuti delapan peserta. Panitia Seleksi Tebuka JPT Pratama seluruhnya berasal dari unsur eksternal terdiri dari akademisi, praktisi dan pejabat dari Provinsi Jawa Barat telah melaksanakan Seleksi Terbuka Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang secara transparan dan tidak ada intervensi dari pihak manapun, serta menyerahkan 3 (tiga) nama calon terbaik kepada Bupati selaku Pejabat Pembina Kepegawaian untuk dipilih dan ditetapkan.

Sesuai dengan ketentuan pasal 115 ayat (4) Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 dan ayat (3) pasal 127 Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 hasil pelaksanaan Seleksi Terbuka dan calon Sekretaris Daerah terpilih, dikonsultasikan dan telah mendapat rekomendasi Gubernur Jawa Barat melalui suratnya Nomor 133/2486/BKD tanggal 11 Juni 2019 dan rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Nomor B-1975/KASN/6/2019 tanggal 20 Juni 2019.

Selanjutnya Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang terpilih ditetapkan dengan Keputusan Bupati Karawang Nomor 800/Kep. 3610/BKPSDM/2019 tanggal 4 Juli 2019 bersamaan dengan Pengangkatan dan Perpindahan Pejabat Administrator serta Pejabat Pengawas lainnya.

Download SK Global Mutasi Juli 2019 disini

“Pegawai Negeri Sipil yang akan diambil sumpah dan dilantik pada hari ini sebanyak 67 orang, dengan rincian sebagai berikut eselon II.a sebanyak  1 orang, eselon III.a sebanyak 16 orang, eselon III.b sebanyak 24 orang, eselon IV.a sebanyak 18 orang, eselon IV.b sebanyak 5 orang dan Korwil sebanyak 3 orang”, kata Asep Aang Rahmatullah, S.STP., MP Kepala BKPSDM Karawang dalam laporannya.

“Pengisian jabatan kali ini belum mengisi seluruh jabatan yang kosong sisanya sebanyak  124 jabatan akan diisi secara bertahap, yaitu untuk eselon II.b sebanyak  2 orang, eselon III.a sebanyak 24 orang, eselon III.b sebanyak 8 orang, eselon IV.a sebanyak 74 orang, eselon IV.b sebanyak 22 orang, Korwil sebanyak 10 orang dan Fungsional (Kepala Puskesmas dan RSUD) sebanyak 5 orang”, tambah Aang.

“Alhamdulillah hari ini pertama kalinya setelah bulan suci Ramadhan kita melaksanakan pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah, promosi, rotasi mutasi Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas. Pertama saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan eselon II yang kemarin mengikuti fit and proper tes dan juga open bidding yang saat itu dipilih tiga besar dan hari ini dilantik sebagai Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah”,  kata Bupati mengawali sambutannya.

“Yang kedua tentunya saya ucapkan terima kasih atas dedikasi loyalitas, pengabdian dan curahan pikirannya selama dalam melaksanakan tugas-tugas Sekda, kepada Bapak Teddy Rusfendi Sutisna Sekretaris Daerah sebelumnya, Bapak Hadis Herdiana selaku Plh. Sekda dan Bapak Samsuri sekalu Penjabat Sekda, semua adalah orang-orang yang terbaik yang dimiliki Kabupaten Karawang, semoga menjadi amal baik bagi bapak-bapak sekalian”, tambah Cellica.

Bupati juga berpesan agar setiap pejabat Aparatur Sipil Negara on call ketika dipanggil oleh pimpinan baik oleh Sekda maupun jajaran eselon II kebawahnya dan tentunya harus mengikuti keteladanan, kinerja dari seluruh jajaran para pimpinan khususnya Pimpinan Tinggi Pratama.

“Tadi malam pejabat yang promosi saya panggil secara khusus, hal ini tidak lain hanya untuk menegaskan komitmen dan kontrak kinerja mereka dalam melaksanakan tugas dan target-target yang tertuang dalam RPJMD. Yang kedua tujuan pemanggilan ini adalah agar tidak ada oknum-oknum yang mengaku bahwa kenaikan jabatan atau promosi karena satu atau dua kelompok, ini murni hasil telaahan dari tim Baperjakat, tidak ada jual beli jabatan dalam jabatan ini”, kata Cellica.

“Sumpah jabatan sudah dilakukan dan diucapkan, sumpah itu bukan hanya disaksikan oleh kita yang hadir disini tapi yang lebih penting disaksikan oleh Allah SWT Tuhan yang maha kuasa. Ketika tidak mampu menjalankan tugas dengan baik tentunya menjadi hak prerogratif saya untuk melakukan telaahan dan evaluasi kembali terhadap seluruh Aparatur Sipil Negara. Oleh karena itu saya berharap bekerjalah dengan baik, bekerjalah dengan sungguh-sungguh, bekerjalah dengan iklas. Kita tidak bisa bekerja sendiri kita adalah team work kita harus bekerja semua  bersama-sama bagaimana apa yang menjadi harapan masyarakat Kabupaten Karawang bisa kita representasikan dan kita bisa persembahkan untuk kemajuan Kabupaten Karawang yang kita banggakan”, pesan Cellica.

“Saya juga berharap bahwa apa yang menjadi Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati, janji-janji politik kami berdua bisa kami pertanggungjawabkan secara sempurna di akhir masa jabatan kami, dan kami mohon bantuan kepada seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara khususnya yang barusaja dilantik dan juga rekan-rekan semua karena kami harus mempertanggungjawabkan lima tahun kami menjadi Bupati dan Wakil Bupati Karawang periode 2015-2020 sehingga tentunya menjadi hal yang baik yang dipertanggunjawabkan secara utuh”, pungkas Bupati. (Admin)

Komantari dengan Facebook