Hidup “Cerdik” ala PNS

Karawang – Tingginya tingkat kematian PNS Kabupaten Karawang, perlu dilakukan suatu upaya untuk merubah pola hidup PNS. Perubahan pola hidup sehat bagi PNS diharapkan akan menurunkan angka kematian ini. Walaupun urusan kematian manusia hanya Allah SWT yang telah ada ketetapannya, tetapi manusia diwajibkan berusaha menjaga kesehatan untuk melaksanakana ibadah kepada-Nya dan melaksanakan kebaikan-kebaikan lainnya termasuk bekerja.

Salah satu upaya yang perlu PNS lakukan adalah membiasakan hidup “CERDIK”. “Cerdik” merupakan program Pemerintah Kabupaten Karawang dalam pencegahan penyakit tidak menular. Program ini bukan hanya bermanfaat bagi masyarakat tetapi juga sangat bermanfaat bagi PNS. Apakah “Cerdik” Itu?.

C-Cek Kesehatan Secara Rutin
Ceck kesehatan secara rutin bermanfaat untuk mengingatkan tentang kesehatan kita. Beberapa penyakit tidak menular seperti Diabetes Melitus, Hipertensi, Stroke, dan beberapa kanker bisa diturunkan resikonya jika diketahui secara dini. Semakin tepat informasi yang kita dapatkan tentang kesehatan diri kita, semakin bijaksana pula keputusan yang dapat kita lakukan. Cek Kesehatan dapat dilakukan rutin minimal 1 tahun sekali. Beberapa cek kesehatan yang paling umum dilakukan antara lain : Cek tekanan darah, Cek gula darah, cek lingkar perut, cek kolesterol total, cek arus puncak espirasi (uji fungsi paru), tes pap smear, sadari periksa payudara sendiri dan lain-lain.

E-Enyahkan Asap Rokok
Rokok adalah racun. Dalam rokok mengandung 4000 zat, dan 200 diantaranya dinayatakn berbahaya bagi kesehatan. Racun utama rokos yaitu TAR, Nikoton, dan Karbonmonoksida. Berbagai racun lainnya anatar lain : asem asetik, sodium hidroksida, naptalin, FORMALIN, asentanisol, hidrogen SIANIDA, geramol, aseton, tuluene, kadium, METANOL,hidrasin, UREA dan lain-lain. Merokok merngut hak orang lain, anak, istri, kelaurga, teman, untuk mendapatkan udara segar dan untuk hidup sehat tanpa rokok. Masyarkat berhak menegur jika ada yang merokok di kawasan tanpa rokok.
Kebiasaan merokok dapat dihintikan. Tips berhenti merokok antara lain : kuatkan niat dan bulatkan tegad, minta bantuan kerabat dan keluarga, atur target waktu kapan berhenti merokok, cari kesibukan lain, banyak minum air putih, jauhi lingkungan para perokok.

R-Rajin Aktivitas Fisik
Aktivitas fisik dapat dilakukan dalam kegiatan sehari-hari, seperti berjalan kali, berkebun, mencuci, mengepel, olahraga dan lain-lain. Aktivitas fisik dialkukan teratur minimal 30 menit tiap hari.

D-Diet Seimbang
Diet sehat seimbang adalah pola konsumsi makanan yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah sesuai dengan kebutuhan. zat gizi yang dibutuhkan untuk sehat adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Hindari makanan olahan, makanan ringan, makanan cepat saji dan makanan beku, karena akan memaksa mengkonsmsi gula garam dan lemak banyak. Biasakan minum air putih yang cukup dan aman.

I-Istirahat Cukup
Istirahat sangat dibutuhkan agar tubuh dan pikiran kembali segar. Hal hal yang harus dilakukan adalah : hindari konsumsi kpi, rokok dan alkohol; tetapkan waktu tidur yang teratur, sempatkan untuk berolahraga setiap hari serta tenangkan pikiran dan mental.
Waktu tidur yang baik adalah 6-8 jam dan pastikan tidurnya berkualitas. Akibat dari kurang tidur akan hilangnya konsentrasi saat belajar, hilangnya fokus saat berkendara, munculnya obesitas, memperburuk kondisi kesehatan tubuh, stres meningkat, kulit terlihat lebih tua dan sering lupa.

K-Kelola Stres
Penyebab stres setiap hari berasal dari kelaurga atau di kantor. Beberapa cara untuk mengatasi stress dan mencapai jiwa yang sehat yaitu : bicarakan keluhan dengan seseorang yang dapat dipercaya, melakukan kegiatan yang sesuai dengan minat dan kemampuan, jagalah kesehatan dengan olahraga/aktivitas fisik secara teratur, tidur cukup, makan bergizi seimbang, terapkan perilaku hidup sehat dan bersih, kembangkan hobi yang bermanfaat, meningkatkan ibadah, berfikir positif, tenangkan pikiran dan relaksasi.

Itulah cara hidup “cerdik” yang dapat dilakukan oleh PNS. “Menjalankan ‘cerdik’ mencegah penyakit tidak menular seperti Diabetes , struk , jantung, kolesterol dan hypertensi” kata Siti Komarianingsih, Kepala Seksi Promosi Dan Pemberdayaan Masyarakat, pada saat menjelaskan program cerdik di ruang kerjanya Jumat (15/02). (admin)

Komantari dengan Facebook