Pare Anyar Jadi Indikator Penilaian SAKIP

Karawang – Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil, adalah penilaian secara periodik pelaksanaan pekerjaan seorang Pegawai Negeri Sipil. Tujuan penilaian kinerja adalah untuk menjamin objektivitas pembinaan PNS yang didasarkan pada sistem prestasi dan sistem karier.

Hasil penilaian kinerja digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pembinaan Pegawai Negeri Sipil, antara lain pengangkatan, kenaikan pangkat, pengangkatan dalam jabatan, pendidikan dan pelatihan, serta pemberian penghargaan. Penilaian kinerja Pegawai Negeri Sipil dilaksanakan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2019 dan Peraturan Bupati Karawang Nomor 40 Tahun 2018 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang.

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) telah mensosialisasikan implementasi Performance Agreemen Report by Electronic yang selanjutnya disebut PARE anyar untuk penialaian kinerja PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang pada Jumat (30/8) lalu.
Pada senam Jumat (13/9) Drs. Haryanto, MM selaku Plh. Kepala BKPSDM Karawang menyampaikan “Penilan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (Sakip) tahun 2018 lalu Pemerintah Kabupaten Karawang meraih predikat B, Ibu Bupati berharap tahun ini kita mendapat predikat BB. Untuk mencapai hal tersebut ada beberapa temuan yang harus diperbaiki salah satunya tentang penilaian kinerja pegawai yang menggunakan aplikasi Performace Agreement Report by Electronic (Pare). Diharapkan semua Perangkat Daerah harus segera entry pohon kinerja di aplikasi Pare Anyar maksimal satu minggu harus sudah selesai karena akan diekpose di Menpan RB”, kata Haryanto.

Sementara itu Jajang Jaenudin, S.STP, MM Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia mengatkan, “Berdarkan informasi dari bagian Pemerintahan Setda Karawang beberapa indikator penilaian dalam Sakip dijawab dengan aplikasi e-kinerja Pare yang baru. Aplikasi versi baru ini inputnya mulai dari casecading pohon kinerja rencana aksi masing-masing kegiatan laporan capaian bulanan, laporan capaian triwulanan serta tahunan. Kami mohon kepada seluruh Perangkat Daerah khususnya kepada 14 Perangkat Daerah yang menjadi sample agar segera menyelesaikan input pohon kinerja tahun 2019 pada apikasi Pare Anyar sampai dengan rencana aksi dan dilanjutkan dengan laporan capaian bulanan, laporan capaian triwulanan serta tahunan”, tambah Jajang.

“Rencana aplikasi Pare Anyar ini efekif akan diimplementasikan pada tahun 2020 sehingga tahun ini harus diujicoba oleh seluruh PNS. Sosialisasi penggunaan aplikasi Pare Anyar ini akan dilakukan secara bertahap”, kata Jajang Jaenudin. (Admin)

Komantari dengan Facebook