Jika Kontak Fisik, Wajib Isolasi Diri

BKPSDM Karawang – Meluasnya penyebaran pandemi virus Covid-19 yang diprediksi akan mengalami puncak jumlah kasus harian Covid-19 pada akhir Maret 2020 hingga pertengahan April 2020, membuat kita harus tetap waspada dan disiplin dalam menjalankan kebijakan Social Distancing.

Pemerintah Kabupaten Karawang telah mengeluarkan himbauam melalui Surat Edaran Bupati Karawang Nomor 440/1604/Dinkes tanggal 14 Maret 2020 tentang Tindaklanjut Pencegahan Penyebaran Corona Virus Desease 2019 (COvid-19) di Kabupaten Karawang.

Dalam surat edaran tersebut masyarakat dihimbauan untuk menghindari kontak fisik, menghindari tempat umum, keramaian, ruang publik, menjaga kesehatan dengan membiasakan perilaku hidup bersih.

Langkah lain yang dapat dilakukan untuk menahan penyebaran Virus Corona Covid-19 adalah mengisolasi diri. Jika pernah melakukan perjalanan terutama ke daerah-daerah yang memiliki riwayat penyebaran Covid-19 atau pernah melakukan kontak fisik dengan penderita termasuk  apabila merasa demam, batuk, pilek, dan sakit pernapasan maka wajib segera melakukan isolasi diri.

Isolasi diri adalah keadaan di mana seseorang tinggal di rumah dan akomodasi lain seperti hotel untuk menghindari kontak dengan orang lain. Sebagian besar orang yang mengisolasi dirinya akan tinggal di dalam rumah selama 14 hari. Dengan melakukan tindakan ini, berarti telah melindungi keluarga dan orang lain dari penyebaran virus corona.

baca juga
https://bkpsdm.karawangkab.go.id/kurangi-kontak-fisik-menjaga-diri-berarti-menjaga-orang-lain/

Kepala BKPSDM Kabupaten Karawang menandaklanjuti Surat Edaran Bupati tersebut dengan mengeluarkan Surat Edaran Kepada para Kepala Perangkat Daerah Nomo 440/946/KDPASN tanggal 16 Maret 2020 Hal Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19.  

Dalam surat edaran tersebut diejlaskan bahwa apabila dalam satu rumah atau dasawisma terdapat Pegawai dengan status Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) atau bahkan Positif Covid-19, wajib tidak masuk kerja namun tidak diberlakukan pemotongan TPP atau Hukuman Disiplin.

Kepala Perangkat Daerah wajib melaporkan kepada Bupati Karawang melalui Gugus Tugas Percepatan penanggulangan Covid-19 apabila terdapat pegawai pada perangkat daerahnya yang terindikasi Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) atau bahkan Positif Covid-19 serta melakukan upaya strategis untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Seseorang yang mengisolasi diri karena virus corona harus berada di tempat tinggalnya. Ruangan isolasi ini berupa kamar terpisah dari anggota keluarga lain dan memiliki ventilasi udara yang baik. Orang yang melakukan isolasi mandiri hendaknya selalu memakai masker ketika keluar kamar.

Jarak aman yang ideal dengan anggota keluar lain setidaknya satu meter. Jangan lupa cuci tangan secara efektif selama 20 detik. Ketika batuk dan bersin terapkan etika dengan benar, yaitu tisu. Setelah itu, buanglah tisu ke tempat sampah yang tertutup. Lalu, ukur suhu tubuh secara berkala dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta berjemur di bawah sinar matahari di ruang terbuka. Terakhir, segera mencari pertolongan medis jika gejala semakin berat. Mencegah lebih baik daripada mengobati. (Admin)

Komantari dengan Facebook