Konsumen Juga Punya Hak

Karawang – Ketika berbelanja, kadang kita hanya berpikir bagaimana mencari barang yang dibutuhkan atau diinginkan. Setelah ditemukan, datang ke kasir, kemudian dilakukan pembayaran, barang tersebut sudah bisa dibawa, dan berbelanja pun selesai. Tahukan anda ? pembeli ternyata punya hak-hak sebagai konsumen yang jarang sekali diketahui oleh konsumen. Dan tahukan anda? hari ini adalah Hari Hak Konsumen Seduania (HKKD).

HHKD pertama kali diperingati pada tanggal 15 Maret tahun 1983, dan sejak itu menjadi tonggak penting dalam memberikan kesadaran kepada konsumen. HHKD terinspirasi oleh pidato Presiden John F Kennedy di Kongres AS pada tanggal 15 Maret tahun 1962 melalui “A special Message for the Protection of Consumer Interest” yang dalam masyarakat internasional lebih dikenal dengan “Declaration of Consumer Right“, di mana ia secara resmi membahas masalah hak-hak konsumen. “Konsumen menurut definisi, termasuk kita semua, adalah kelompok ekonomi terbesar, yang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh hampir setiap keputusan ekonomi baik oleh sektor pemerintah maupun swasta. Namun sejauh ini mereka adalah satu-satunya kelompok penting yang pendapatnya seringkali tidak didengar” kata Presiden John F Kennedy dalam pidatonya di Kongres AS pada tahun 1962. Hak-hak dasar konsumen yang dideklarasikan ada 4 (empat) meliputi:

Hak untuk mendapat/memperoleh keamanan (the right to safety).

Konsumen memiliki hak untuk memperoleh perlindungan atas keamanan produk dan jasa. Misalnya, makanan dan minuman yang dikonsumsi harus aman bagi kesehatan konsumen dan masyarakat umumnya. Produk makanan yang aman berarti produk tersebut memiliki standar kesehatan, gizi dan sanitasi serta tidak mengandung unsur yang dapat membayakan manusia baik dalam jangka pendek maupun panjang.

Hak untuk memilih (the right to choose).

Konsumen memiliki hak untuk mengakses dan memilih produk/jasa pada tingkat harga yang wajar. Konsumen tidak boleh ditekan atau dipaksa untuk melakukan pilihan tertentu yang akan merugikan dirinya. Jenis pasar yang dihadapi konsumen akan menentukan apakah konsumen bebas memilih atau tidak suka membeli produk atau jasa tertentu.

Hak untuk memperoleh informasi (the right to be informed).

Konsumen dan masyarakat memiliki hak untuk memperoleh informasi yang sejelas jelasnya tentang suatu produk/jasa yang dibeli atau dikonsumsi. Informasi ini diperlukan konsumen atau masyarakat, agar saat memutuskan membeli tidak terjebak dalam kondisi resiko yang buruk yang mungkin timbul. Artinya, konsumen memiliki hak untuk mengetahui ciri/atribut negatif dari suatu produk, misalnya efek samping dari mengkonsumsi suatu produk, dan adanya peringatan dalam label/kemasan produk.

Hak untuk didengarkan (right to be heard).

Konsumen memiliki hak untuk didegarkan kebutuhan dan klaim, karena hak ini terkait dengan hak untuk memperoleh informasi.

Pahami hak konsumen, kenali produk yang akan dibeli, dan bijaklah dalam membeli. Pastikan uang anda cukup untuk membayar produk yang akan dibeli, agar penjual juga dapat memperoleh haknya dari anda di depan kasir. (admin)