MENGHADAPI ERA INDUSTRI 4.0 MELALUI ORIENTASI CPNS

Karawang – Undang-undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 8 Tahun 1974 tentang pokok-pokok Kepegawaian, pasal 3 ayat (1), Pegawai Negeri berkedudukan sebagai unsur aparatur negara yang bertugas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat secara profesional, jujur, adil, dan merata dalam penyelenggaraan tugas negara, pemerintah dan pembangunan.

Jumlah Peserta yang mengikuti pengenalan orientasi CPNS Tahun 2019 sebanyak 344 orang, diantaranya Tenaga Pendidik, Eks Kategori II, Tenaga Kesehatan, Tenaga Teknis. Pengenalan Orientasi CPNS Tahun 2019 dilaksanakan pada hari Rabu s/d Jumat Tanggal 10 s/d 12 April 2019.

Ujung tombak dalam peningkatan kualitas reformasi birokrasi salah satunya meningkatkan kualitas sumber daya manusianya yang memiliki peran strategis dalam menunjang adanya reformasi. Gelombang reformasi berupa tuntutan agar birokrasi  pemerintah lebih akuntabel secara hukum, politik manjerial merupakan salah satu pendorong gelombang reformasi birokrasi`

“Saya tidak menginginkan saudara berkinerja seadanya, berkinerja alakadarnya, karena saudara merupakan harapan kami untuk menghadapai era industri ke-4 yang membutuhkan aparatur negara yang berkinerja sangat baik, kreatif dan inovatif. Apabila saudara berpikir untuk berkinerja alakadarnya, sebaiknya saudara mengundurkan diri saja dari sekarang sebagai CPNS. kita siapkan blanko surat pengunduran diri saudara. Kenapa demikian? Karena pegawai yang seperti itu akan menjadi beban organisasi, akan menjadi beban Negara.

Kalian siap untuk disiplin ? (dijawab CPNS “siap..!”)

Kalian siap untuk berkinerja ? (dijawab CPNS “siap..!”)

Ada yang mau mengundurkan diri ? …..

Saya tunggu janji Saudara untuk menunjukan disiplin dan kinerja yang terbaik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat” Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Karawang. Asep Aang Rahmatullah, S.STP.,MP

Sesuai dengan kompetensi dalam kurikulum tersebut, maka pokok bahasan kegiatan/ materi pembelajaran pada Orientasi CPNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang Tahun 2019 adalah sebagai berikut (jadwal terlampir) :

  1. Mind Set
  2. Manajemen Aparatur Sipil Negara
  3. Dinamika Kelompok
  4. Revolusi Mental ASN
  5. Penyusunan Kebutuhan, Pengadaan Pemberhentian serta jaminan pensiun pegawai.
  6. Pengenalan Perangkat Daerah
  7. Perencanaan Pembangunan Kabupaten Karawang
  8. EDMODO (e-Learning)
  9. Pembekalan Latihan Dasar (Latsar)
  10. Penggajian dan Tunjangan

“Saya sangat mengapresiasikan kepada CPNS Tahun 2019 pada saat memberikan materi dan sesi tanya jawab begitu kritis melihat kondisi Kabupaten Karawang, terutama di bidang Perencanaan dan Pembangunan Kabupaten Karawang, saya harap dengan keberadaan CPNS ini bisa membantu mewujudkan visi misi Kabupaten Karawang dan menjadi agent of change dalam birokrasi pemerintahan” Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Karawang.  H. Eka Sanatha, SH, MM

Setelah selesai pembelajaran peserta selaku CPNS, diharapkan mampu memiliki pengetahuan Kebijakan Umum Kepegawaian, Sistem Pengangakatan Pegawai, Peran PNS sebagai pelayan dan komunikasi organisasi, Tugas Pokok dan fungsi, wewenang, Tanggungjawab serta Tata Naskah Dinas, Kearsipan, Teknik Aplikasi Etika Budaya Kerja PNS, Disiplin PNS, dan Anti Korupsi.

Komantari dengan Facebook