Metode Singaperbangsa, Tingkatkan Pendapatan Petambak dan Nilai Tambah Garam

Karawang – BKPSDM Kabupaten Karawang telah melakukan seleksi PNS Inovatif pada bulan Agustus sampai dengan awal September 2019. PNS inovatif pada awal September telah memaparkan inovasinya didepan dewan penguji. Berdasarkan hasil penilaian tim penguji, terpilih empat PNS inovatif salahsatunya yang menajdi juara 1 adalah Fazriyan Wardani Adhitya, ST, M.S.E Kepala Seksi Produksi Non Ikan pada Dinas Perikanan Kabupaten Karawang .

Dalam paparannya Saudara Fazriyan menyampaikan inovasi yang berjudul “Upaya Peningkatan Kualitas dan Peningkatan Nilai Tambah Produk Garam Rakyat dengan Metode Singaperbangsa (Sistem Penguapan Air dan Penambahan Kapur Serta Pengembangan Garam Fortifikasi dan Spa)”.

“Produksi garam rakyat dengan metode tradisional yang dilakukan petambak garam pada umumnya memerlukan waktu 10-15 hari untuk mengevaporasi air laut hingga menjadi lepas air tua bahan kristal garam. Sedangan dengan metode Koagulasi CaO dan senyawa lainnya untuk mengendapkan beberapa senyawa deliquescent lalu disemburkan melalui springkler secara bertahap hanya memerlukan waktu 3-5 hari”, kata Fazriyan menjelaskan inovasinya.

“Upaya peningkatan nilai tambah garam rakyat untuk meningkatkan pendapatan petambak garam adalah dengan fortifikasi. Fortifikasi garam rakyat dengan ekstrak binahong akan dapat menurunkan kadar NaCl, sehingga kebutuhan masyarakat terhadap garam diet akan dapat terpenuhi. Selain itu terdapat senyawa kimia aktif lainnya yang dapat bermanfaat bagi kesehatan dalam kandungan tanaman herbal tersebut”, lanjut  Fazriyan.

“Upaya peningkatan nilai tambah lainnya adalah pengembangan garam spa. Masyarakat semakin banyak menyadari pentingnya back to nature for healthy life. Saya mengajak masyarakat indonesia mari kita serap dan manfaatkan garam lokal untuk perawatan kesehatan tubuh manusia,tidak hanya dikonsumsi dalam bentuk garam beryodium saja”, tambah Fazriyan.

“Dengan upaya produksi secara integrasi dari hulu hingga hilir melalui metode SINGAPERBANGSA ini diharapkan dapat menambah pendapatan masyarakat pesisir”, pungkas Fazriyan

“Inovasi ini akan dikutsertakan di tingkat provinsi dan tingkat nasional. Bagi juara pertama diberikan penghargaan umroh dan peraih juara lainnya diberikan uang pembinaan. Diharapkan inovasi ini dapat menjadi inspirasi untuk pegawai lainnya agar mampu meciptakan inovasi-inovasi baru dalam menyelesaikan berbagai permasalahan pekerjaan di lingkungan kerjanya masing-masing”, kata Drs. Haryanto, MM Asisten Administrasi pada Sekretariat Daerah  saat apel pagi hari Senin (16/9) di Plaza Pemda Karawang.

“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah mengikuti kegiatan PNS inovatif. Kepada para Kepala Perangkat Daerah kami juga mengucapkan terima kasih karena telah memotivasi pegawainya untuk melakukan inovasi di tempat tugasnya. Kami berharap Perangkat Daerah yang lain dapat melakukan hal yang sama sehingga dapat meningkatkan kinerja pegawai dan kinerja perangkat daerah dalam rangka memingkatkan pelayanan terhadap masyarakat”, kata Asep Aang Rahmatullah, S.STP., MP Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia di ruang kerjanya (Admin)

Komantari dengan Facebook