PRINSIP “3i” PLUS “2i” DALAM MENGEMBAN AMANAH BARU

“Aya mangsa datang, aya mangsa mulang , niti wanci nu mustari ninggang mangsa nu utama” demikian mungkin rangkaian kata yang relevan dengan kegiatan serah terima jabatan pejabat administrator dan pejabat pengawas di lingkungan BKPSDM Kabupaten karawang pada senin sore tanggal 15 Agustus 2019 di Aula Bappeda. Dalam hal ini sebagai dampak pelaksanaan pengambilan sumpah dan pelantikan pejabat administrator dan pejabat pengawas di lingkungan pemerintah kabupaten karawang pada hari jumat dan senin, tanggal 5 dan 10 Juli 2019 terdapat pergantian pejabat struktural BKPSDM meliputi Sekretaris BKPSDM semula dijabat oleh Bapak Abas Sudrajat S.Sos , MP diganti oleh Bapak Jajang Jaenudin S.STP, MM yang semula menjabat sebagai Kepala Bidang Pengembangan Pegawai ASN, sedangkan Bapak Abas Sudrajat, S.Sos, MP sendiri dipercaya untuk memegang amanah baru sebagai kepala bagian organisasi Setda Kabupaten Karawang.   Sebagai pengganti Bapak Jajang Jaenudin adalah Bapak  Suhendar S.Sos yang semula menjabat sebagai Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan pada BKPSDM dan jabatan Kepala Bidang yang ditinggalkan oleh Bapak Suhendar, S.Sos selanjutnya di isi oleh Bapak Saeful Muhtadin, S.Sos, M.Si yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bidang Sumber Daya Aparatur pada Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Karawang . Selain, pergantian beberapa pejabat administrator tersebut di atas, terdapat tiga orang pejabat pelaksana yang dipromosikan memegang amanah jabatan pengawas (eselon IV) yakni Ibu Yanti Dwi Indarti, Ibu Puspita Endah  serta Bapak  M. Ridwan.

Dalam kesempatan penuh rasa kekeluargaan tersebut, Bapak Abas Sudrajat berkesempatan untuk menyampaikan pesan dan kesan selama bertugas kurang lebih 7 tahun di Bkpsdm, salah satunya beliau menyebutkan prinsip hidupnya terkait rotasi jabatan yang diistilahkannya sebagai “3i” yang merupakan abreviasi dari “Ijab Qobul, Instropeksi dan Improvisasi” yang secara sederhana beliau menjelaskan bahwa pasca diterimanya SK Jabatan baru (Ijab Qobul), beliau akan melaksanakan Introspeksi diri terhadap berbagai kekurangan selama melaksanakan tugas – tugas sebelumnya untuk selanjutnya kekurang tersebut akan dijawab melalui Improvisasi ditempat tugas baru. Tak lupa beliau juga menghaturkan terima kasih dan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas bimbingan, dukungan, kerjasama dan kebersamaan selama bertugas di BKPSDM.

Terkait prinsip “3i” di atas Kepala BKPSDM menambahkan ada 2i selanjutnya yakni “Ikhlas”  menjalani setiap ketentuan yang digariskan oleh Alloh SWT, karena segala sesuatu yang terjadi dalam hidup dan kehidupan kita pada hakikatya adalah kehendak-Nya, tidak terkecuali proses mutasi, promosi maupun rotasi jabatan. Dengan Ikhlas tersebut maka kita dapat mengemban amanah dalam situasi kejiwaan yang tenang dan tenteram sehingga Insya Alloh setiap tugas akan dapat dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab, setelah kita Ikhlas maka Insya Alloh “i” selanjutnya bisa kita capai yakni “Istiqomah” yang secara harfiah dapat diartikan sebagai suatu sikap konsisten untuk melaksanakan setiap tugas dan fungsi berlandaskan pada berbagai ketentuan yang mengaturnya baik aturan agama, negara serta norma-norma yang berlaku dimasyarakat, lanjut Kepala BKSPDM dalam sambutannya.

Selamat Bertugas di tempat baru Bapak Abas Sudrajat dan Rekan-rekan, semoga kita semua senantiasa berada dalam Ridho dan Karunia-Nya. “Wilujeng Mancen Tugas Bral Miang Tandang Makakalangan Mapag Mangsa Nu Gumilang” 

Komantari dengan Facebook