PTT Kemenkes (akan) diangkat CPNS

Jakarta – Kementerian Kesehatan menyerahkan penetapan kebutuhan/formasi CPNS di lingkungan Pemerintah Daerah dari PTT Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kepada Pemerintah Kab/Kota Selasa (19/03) di Auditorium Siwabessy Gedung Sujudi Kementerian Kesehatan. Berdasarkan data Kemenkes, Dokter, Dokter Gigi dan Bidan PTT Kemenkes yang akan diangkat menjadi CPNS sejumlah 4.143 orang dari 387 Kab/Kota dengan usia 35 s.d. 40 Tahun. PTT Kemenkes yang berusia diatas 40 Tahun seluruh indonesia sebanyak 67 Tahun tidak dapat diangkat menjadi CPNS tetapi dapat mengikuti seleksi PPPK. Pemerintah Kabupaten Karawang hanya mendapatkan formasi CPNS dari Bidan PTT Kemenkes saja sebanyak 47 orang.

Langkah ini dilakukan dalam upaya mendukung Program Indonesia Sehat (Cakupan Kesehatan Semesta) untuk mewujudkan SDM Indonesia yang berkualitas. Salah satu indikator untuk menggambarkan kualitas SDM Indonesia adalah indikator Usia Harapan Hidup (UHH). Salah satu keberhasilan pembangunan di bidang kesehatan adalah dalam kurun waktu 1990-2017 Umur Harapan Hidup (UHH) telah naik dari 64 tahun menjadi 71 tahun (naik 7 tahun), UHH Perempuan lebih tinggi sekitar 5 tahun dibanding laki-laki.

Penyerahan penetapan kebutuhan / formasi CPNS tersebut didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 25 Tahun 2018 tentang Jabatan Dokter, Dokter Gigi dan Bidan sebagai Jabatan Tertentu dengan Batas Usia Pelamar Paling Tinggi 40 Tahun serta Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2019.

Kementerian Kesehatan meminta kepada Kab/Kota untuk melaksanakan beberapa tindak lanjut antara lain melakukan pemberkasan kelengkapan penetapan NIP dan disampaikan ke BKN untuk mendapat persetujuan NIP, SK Pengangkatan CPNS Per 1 April 2019 dan SPMT (Surat Pernyataan Melaksanakan Tugas) Paling Lambat 1 Juli 2019.

“Kami menyambut baik dengan akan diangkatnya bidan PTT menjadi CPNS, untuk tindak lanjut berikutnya mengenai  teknis pemberkasan kita akan berkoordinasi dengan Kantor Regional III BKN” Kata Taopik Maulana, Kepala Bidang Pengadaan dan Pemberhentian Pegawai ASN BKPSDM Kab. Karawang Rabu (20/03). (admin)

Komantari dengan Facebook