TIP MENINGKATKN KEDISIPLINAN PEGAWAI

Kedisiplinan termasuk hal yang bisa berubah-ubah, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika saat ini banyak pegawai Anda kurang disiplin. Coba praktekkan beberapa cara mudah meningkatkan kedisiplinan pegawai berikut ini untuk memacu kedisiplinan mereka secara perlahan.

1. Sebagai Bos, Cobalah Memperlakukan Pegawai Sebagai Teman

Cara mudah meningkatkan kedisiplinan pegawai yang pertama yaitu perlakukan pegawai Anda sebagai teman. Meskipun Anda seorang bos, hindari sifat bossy yang dibenci pegawai Anda. Anggap mereka sederajat dengan Anda, meski pada kenyataannya Anda adalah atasan mereka. Dengan memperlakukan pegawai sebagai teman, mereka akan merasa lebih nyaman dan tidak terkekang. Sehingga, bertemu dengan Anda di kantor bukan lagi menjadi momok yang menakutkan. Sebaliknya, layaknya seorang teman, maka pegawai Anda akan senang dan antusias setiap bertemu dengan Anda. Rasa nyaman inilah yang akan memacu pegawai Anda semakin rajin dan disiplin dalam bekerja.

2. Ciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman dan Kondusif

Selama ini Anda mungkin hanya berfokus menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan kondusif dari segi fisik saja. Misalnya dengan mendesain interior ruangan kerja yang asri, elegan, dan minimalis sambil berharap pegawai Anda akan lebih semangat dalam bekerja. Namun, itu saja belum cukup untuk meningkatkan kedispilinan pegawai Anda. Ciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan kondusif, tidak hanya dari segi fisik ruangan kerja, namun juga hubungan antar pekerja. Pegawai Anda adalah makhluk dengan sejuta sensitivitas emosi. Meskipun ruangan kerja di kantor Anda terasa nyaman, akan menjadi sia-sia jika hubungan antar-orang di dalamnya kaku seperti es yang beku. Bekerja pun penuh rasa bosan, lelah, dan tidak bersemangat.

Untuk itu, saatnya menciptakan hubungan antar-pekerja yang membawa kenyamanan satu sama lain. Dorong pegawai Anda untuk saling mendukung dan menghargai, bukan berkompetisi.

3. Dengarkan Ide dan Pendapat Pegawai

Kedisiplinan pegawai juga dapat ditingkatkan dengan memberikan mereka kebebasan berpendapat atau urun ide. Jangan hanya menuntut mereka melakukan semua pekerjaan sesuai keinginan Anda, namun dengarkan juga bagaimana ide dan gagasan mereka. Berilah pegawai kebebasan untuk berinovasi. Bisa jadi, ide dan gagasan mereka akan membantu Anda mengubah masa depan tempat bekerja menjadi lebih baik lagi.

Dengan memberikan ruang inovasi selebar-lebarnya bagi pegawai, pegawai akan merasa lebih dihargai dan mampu berkembang lebih baik lagi di kantor Anda. Pekerjaan terasa tidak monoton dan mereka pun akan lebih bersemangat datang ke kantor setiap hari.

4. Lakukan Konselling Secara Intens untuk Memahami Kesulitan yang Dialami Pegawai

Seperti halnya momong pelajar di sekolah, perkembangan psikologis pegawai juga perlu diperhatikan baik-baik. Tidak selayaknya Anda hanya menuntut pegawai bekerja secara disiplin, sedangkan Anda sendiri tidak memahami bagaimana kesulitan yang mereka alami setiap hari. Untuk itu, Anda sangat disarankan untuk melakukan konselling secara intens dengan semua pegawai, baik secara langsung maupun secara berjenjang.

Konselling ini dimaksudkan untuk memahami setiap kesulitan yang dialami pegawai Anda dalam bekerja. Mulai dari minimnya keterampilan bekerja, tingginya tekanan kerja, atau justru ada faktor lain yang menghambat kinerja pegawai Anda. Bantulah pegawai Anda mengatasi kesulitan yang mereka alami, sehingga secara perlahan kedisiplinan mereka pun meningkat.

5. Terapkan Reward and Punishment Secara Seimbang

Cara lainnyaa meningkatkan kedisiplinan pegawai yaitu melalui pemberlakuan aturan yang mengikat. Nah, setiap peraturan tentu akan berjalan lebih baik jika disertai reward and punishment secara seimbang. Jadi, berikan reward kepada karyawan Anda yang senantiasa mematuhi peraturan dengan baik. Sebaliknya, terapkan punishment yang tepat jika pegawai Anda melanggar peraturan yang telah dibuat. Perlu digarisbawahi bahwa tips ini menitikberatkan pada kata “seimbang”. Artinya, pastikan sistem reward and punishment yang Anda berlakukan tidak berat sebelah, atau bersifat musiman.

Kalau salah langsung dihukum berat, tapi kalau kerja dengan benar tidak pernah dapat reward! 

Hal-hal seperti itulah yang perlu Anda hindari untuk meningkatkan loyalitas pegawai Anda, sehingga menjadi lebih disiplin dalam bekerja.

6. Cobalah Sesekali Mengadakan Acara Pengakraban di Luar Jam Kerja

Tips ini memang tidak secara langsung berpengaruh dalam meningkatkan kedisiplinan pegawai. Namun, tidak ada salahnya untuk dicoba. Sesekali mengadakan acara pengakraban di luar jam kerja bersama pegawai akan menciptakan momen spesial yang berkesan bagi pegawai Anda. Misalnya dengan meluangkan waktu untuk liburan bersama, makan bersama, ataupun melakukan hobi bersama. Momen tersebut pasti akan berkesan bagi pegawai Anda, sehingga meningkatkan rasa hormat dan loyalitas yang tulus kepada Anda.

Dengan begitu, mereka pun akan lebih bersemangat dalam bekerja setiap hari.

7.  Pengawasan dan evaluasi Kinerja Pegawai

Yang paling penting setelah Anda menerapkan tips di atas adalah pengawasan dan evaluasi. Bagaimana Anda bisa tahu tingkat kedisiplinan pegawai jika Anda tidak pernah melakukan pengawasan secara intensif terhadap kinerja mereka.

Jadi, saatnya Anda lakukan pengawasan secara intens, dimulai dari pendataan laporan kehadiran setiap hari. Seperti kita tahu, salah satu tolok ukur kedisiplinan pegawai dapat diketahui dari laporan kehadiran mereka. Jadi, mulai sekarang lakukan pengawasan:

Nah, mudah sekali kan untuk meningkatkan kedisiplinan pegawai? Dari  tips  di atas, manakah yang menurut Anda paling berpengaruh untuk meningkatkan kedisiplinan pegawai? Apakah selama ini Anda sudah menerapkan salah satu dari tips di atas? Lalu, bagaimana hasil yang Anda dapatkan? Coba bagikan pengalaman Anda di kolom komentar!

Komantari dengan Facebook