UJIAN DINAS DAN UJIAN PENYESUAIAN KENAIKAN PANGKAT PERIODE APRIL 2020

Karawang – BKPSDM Kabupaten Karawang kembali menyelenggarakan Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat Periode April 2020 dan masih bekerjasama dengan Institut Teknologi Bandung. Pada periode kali ini, Kabupaten Karawang  mngirimkan sebanyak 39 (tiga puluh sembilan) orang terdiri dari : Ujian Dinas Tingkat I  5 orang, Ujian Dinas Tingkat II 4 orang, UPKP SMP 1 orang, UPKP SMA 2 orang, UPKP Diploma 1 orang, UPKP Sarjana (S1) 26 orang.

Pelaksanaan Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat periode April 2020 diselenggarakan pada tanggal 10 Oktober 2019, dengan sebelumnya peserta mengikuti Pembekalan/Bimbingan teknis tanggal 09 Oktober 2019 dengan tempat di UPT PMO ITB Bandung. Selanjutnya khusus peserta Ujian Dinas tingkat II melaksanakan uji wawancara yang insyaallah akan dilaksanakan tanggal 22-23 Oktober 2019, dengan Asesor Drs. Abdilah Mawardi Nur, M.Si, asesor Muda pada BKPSDM Kabupaten Karawang.

Penilaian Ujian masih sama seperti periode sebelumnya, yaitu meliputi Aspek Keterampilan yang mencakup Personal Skills, berkenaan dengan penghayatan dan pengamalan diri sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa, anggota masyarakat dan warga negara yang bekerja di lingkungan pemerintahan; Thinking Skills, berkenaan dengan kemampuan dalam menggali, mengolah, memutuskan alternatif; Social Skills, berkenaan dengan kemampuan dalam berkomunikasi dan kerjasama dengan orang lain secara empati dan penuh pengertian; Academic Skills, berkenaan dengan kemampuan dalam mengidentifikasi, merumuskan,  dan mengimlementasikan nilai-nilai pengetahuan, sikap dan keterampilan; Vocational Skills, berkenaan dengan pengetahuan, kemauan, kemampuan dalam pelaksanaan tugas pokok di lingkungan pekerjaan. Sedangkan Aspek Kemampuan Bahasa Inggris yang terdiri dari pemahaman terhadap bacaan (reading comprehension) dan tata bahasa tulis dan lisan (structure and written expression). Untuk aspek kemampuan Bahasa Inggris diperuntukkan bagi Pegawai Negeri Sipil yang mengikuti ujian dinas tingkat II dan ujian penyesuaian kenaikan pangkat tingkat sarjana.

UDIN dan UPKP ini bertujuan untuk mengukur tingkat kemampuan dan kompetensi setiap PNS yang akan memperoleh kenaikan pangkat/golongan ke dalam pangkat/golongan yang lebih tinggi. Oleh karena itu Kompetensi PNS harus dibuktikan dengan UDIN dan UPKP ini, kata Suhendar, dalam Pengarahan UDIN dan UPKP, Kamis lalu.

Semua fasilitas menyangkut UDIN dan UPKP ini telah disiapkan oleh BKPSDM Kabupaten Karawang, maka dari itu secara tegas Asep Aang Rahmatullah, Kepala BKPSDM Kabupaten Karawang menekankan bahwa UDIN dan UPKP ini tidak ada pungutan biaya apapun dari peserta sehingga diharapkan peserta mampu fokus dan bersungguh-sungguh dalam pelaksanaan ujian, karena penentuan kelulusan ditentukan oleh peserta itu sendiri bukan oleh panitia ujian atau pun orang lain. (admin)

Komantari dengan Facebook