Urgensi Disiplin Dalam Penegakan Perda

Bandung – Kepala BKPSDM Kabupaten Karawang Asep Aang Rahmatullah, S.STP.,MP menjadi narasumber dalam kegiatan Latihan Dasar (Latsar) mental dan kedisiplinan Polisi Pamong Praja Kabupaten Karawang hari Selasa (12/3).

Latsar ini diadakan dari tanggal 10 sampai 16 Maret 2019 bertempat di Mako Dodik Bela Negara Rindam III / Siliwangi Lembang Bandung. Pembukaan dilakukan oleh Komandan Dodik dihadiri Kasatpol PP Kabupaten Karawang.

Peserta yang berstatus Tenaga Harian Lepas (THL) Pol PP Kabupaten Karawang hasil rekruitmen bulan Februari tahun 2019. Sebanyak 30 orang yang terdiri dari 22 orang peserta putri dan 8 orang peserta putra terlihat antusias dan bersemangat mengikuti penyajian materi.

“Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Satuan Polisi Pamong Praja, dijelaskan tiga tugas Polisi Pamong Praja yaitu Penegakan Peraturan Daerah dan Peraturan Kepala Daerah (Gakda), Menyelenggarakan ketertiban umum dan ketenteraman (Trantibum) dan Menyelenggarakan Pelindungan Masyarakat (Linmas)”, jelas Aang mengawali materi.

‘The Man Behind The Gun’ peribahasa tersebut mengandung makna bahwa bukan senjata yang penting, melainkan manusia yang menggunakan senjata itu. “Inilah salah satu alasan kenapa disiplin penting”, kata Aang. Ilustrasi dari peribahasa tersebut dikaitkan dengan disiplin misalnya teknologi butuh disiplin, senjata yang modern tidak mempunyai arti apa-apa apabila manusia yang dipercaya menggunakan senjata itu tidak melaksanakan kewajibannya dengan benar. Melayani butuh disiplin, aparatur merupakan tulang punggung pemerintahan dalam melaksanakan fungsi pelayanan dan pembangunan nasional. Penegakan hukum butuh disipilin, secara universal kegiatan-kegiatan pelaksanaan penegakan hukum dapat berupa: pencegahan (preventif) dan represif.

Akibat yang mungkin muncul bila Polisi Pamong Praja tidak disiplin maka akan timbul perilaku negatif seperti melakukan pungutan liar (pungli), kerja hanya berorientasi pada uang, tidak punya target kerja yang jelas serta dalam melakukan pekerjaan setengah hati.    ”Semoga setelah mengikuti Latsar ini, peserta dapat mengaplikasikan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari setiap materi yang diterima maupun latihan kedisiplinan”, tambah Aang.

Ditemui terpisah  Kepala Bidang Sumber Daya Aparatur pada Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Karawang Saeful Muhtadin, S.Sos.,M.Si. mengatakan “tujuan dari kegiatan ini untuk mendidik dan membekali para peserta agar memiliki mental kedisiplinan yang baik, karakter yang kuat, jiwa korsa kesatuan Pol PP dan mengembangkan kemampuan guna menukung tugas-tugas pokok sebag anggota Pol PP Kabupaten Karawang serta dapat mengaplikasikannya dilingkungan kerjanya. Ruang lingkup kegiatan ini adalah  wawasan kebangsaan, bela negara, kedisiplinan dan sikap mental yang kuat serta bertanggungjawab dalam penegakan perundang-undnagan daerah”.

Sementara itu Acep Supriadi, SH.,SHI., MH selaku Kepala Seksi Teknis Fungsional pada Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Karawang mengatakan ”Setelah selesai menjalani latihan dasar ini peserta akan bertugas dilapangan menjalankan fungsi ketentraman dan ketertiban umum serta penegakan perda”. (admin)

Komantari dengan Facebook