Work From Home, Namun Meeting Tetap Jalan

BKPSDM Karawang – Pemerintah Kabupaten Karawang menyadari bahwa pencegahan penyebaran virus Corona atau yang dikenal dengan Covid-19 membutuhkan keikutsertaan semua pihak dan kesungguhan dalam pelaksanaanya. Keprihatinan muncul terhadap bencana non alam yang setiap hari memakan korban yang semakin banyak, ditambah pasca ditetapkan Bupati dan beberpa pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang positif Covid-19.

Langkah pencegahan dilakukan melalui beberapa kebijakan yang dikeluarkan Pemerintah Kabupaten Karawang diantaranya Surat Edaran Bupati Karawang Nomor 440/1604/Dinkes tanggal 14 Maret 2020 tentang Tindaklanjut Pencegahan Penyebaran CORONA VIRUS DISEASE 2019 (COVID-19) di Kabupaten Karawang , Surat Edaran Kepala BKPSDM Karawang Nomo 440/946/KDPASN tanggal 16 Maret 2020 Hal Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19.   , bekerja dari rumah (work from home), Social Distancing, mengurangi kontak fisik sampai dengan kebijakan pemanfaatan Teknologi Informasi (IT) untuk layanan kepegawaian. Hal tersebut diikuti oleh Perangkat Daerah lain seperti Surat Edaran Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Nomor 900/274/PK tanggal 24 Maret 2020 tentang Pelayanan SP2D melalui Surat Elektonik.

Tidak hanya layanan kepegawaian, karena kebijakan mengurangi kumpulan orang, meeting/rapat-pun dilakukan secara online, seperti yang dilakukan oleh BKPSDM Karawang pada Kamis (26/3). “Salam untuk semua rekan-rekan semoga dalam keadaan sehat semuanya, Saya saat ini sedang menjalani isolasi di Rumah Sakit Paru Karawang. Saya berpesan sayangi tubuh, jaga kesehatan, selalu berfikir positif kurangi mengkonsumsi informasi atau berita-berita yang berseliweran di media sosial karena akan mempengaruhi pikiran kita. Lawan virus ini dengan imun atau antibodi yang ada dalam diri kita sendiri”, kata H. Asep Aang Rahmatullah kepada seluruh pegawai BKPSDM Karawang melalui video confrence.

“Pekerjaan tidak akan ada habisnya, dalam kondisi seperti saat ini prioritaskan untuk menjaga kesehatan. Manfaatkan lima perkara sebelum datang lima perkara, terutama saya mengingatkan dua hal yaitu gunakanlah masa sehat sebelum datang sakit, kesempatan hidup sebelum meniggal dunia”, tambah Asep Aang.

“Kaitan pekerjaan manfaatkanlah teknologi informasi untuk kemudahan dan kelancara disituasi seperti saat ini. Banyak tools/software yang bisa digunakan, manfaatkan  aplikasi tersebut agar layanan kepegawian tetap berjalan. Mari optimalkan media ini untuk komunikasi pekerjaan, upload dokumen dan untuk surat-surat mulailah menggunakan tanda tangan elektronik karena kertas dapat menjadi media penyebaran virus Covid-19. Tunda dulu kegiatan yang melibatkan banyak orang, diundur atau dijadwal ulang saja sampai kondisinya memungkinkan”, pesan Asep Aang.

“Saya juga mengingatkan sayangi diri kita dan keluarga, mudah-mudaha rekan-rekan di BKPSDM  sehat selalu tidak mengalami seperti saya, cukup saya saja. Saya mohon maaf kepada rekan-rakan semua yang selama ini berinteraksi, doakan saya semoga kuat menghapi takdir Alloh SWT ini. Ikuti protokol kesehatan, selalu berfikir positif jaga kesehatan dan untuk sementara jalani isolasi secara mandiri”, kata Asep Aang.

Kemudian dilanjutkan dengan tanggapan dari Sekretaris BKPSDM dan para Kepala Bidang di lingkungan BKPSDM Karawang serta dialog dengan seluruh pegawai BKPSDM yang ikut video confrence. Selain membahas tentang laporan pekerjaan diantaranya juga menyampaikan dukungan dan terima kasih atas motivasi yang diberikan oleh Kepala BKPSDM serta mendoakan semoga Kepala BKPSDM lekas sembuh dan dapat berkativitas kembali. (Admin)

Komantari dengan Facebook